Tugas 3 – Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern#

Nama    : Denny Imam Azhari

Npm      : 1B115185

Kelas     : 2KA25 / Kelas Transfer

 

 

TUGAS 3 INOVASI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MODERN #

Buatlah tulisan inovasi terkait trend Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern terkait pada Sistem Operasi, pengolah kata, software pembuat (multimedia, game, ebook, animasi, aplikasi android, database, e-learning, dll.)

 

Pada era modern seperti sekarang ini, banyak sekali orang yang menggunakan smartphone tidak hanya untuk membantu meringan kan pekerjaan mereka, melainkan juga menghilangkan stress atau menghilangkan kebosanan dengan cara bermain game yang ada di smartphone mereka. Berkat game Pokemon GO yang sangat booming pada tahun 2016 ini, game dengan berbasis Augmented Reality(AR) semakin menjamur dikalangan developer game di dunia maupun di Indonesia.

 

Apa itu Augmented Reality(AR)?

Augmented Reality(AR) adalah suatu teknologi yang dapat menambahkan benda maya ke dalam proyeksi lingkungan nyata. Teknologi ini sudah dikembangkan sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1968 dan baru tahun 2016 teknologi ini mencapai kemajuan yang sangat pesat. AR berbeda dengan Virtual Reality(VR) dimana VR adalah teknologi yang mengganti lingkungan nyata sepenuhnya dengan lingkungan virtual yang di simulasikan oleh computer.

unitylogo

 

 

Salah satu software pembuat game dengan berbasis AR adalah Unity 3d. Dikalangan Developer game didunia maupun di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan software yang bernama Unity3d, bahkan mungkin para developer setiap hari menggunakan software ini untuk membuat, merubah, menambah dan memperbaiki isi game. Unity 3d merupakan sebuah game engine yang berbasis cross-platform, unity dapat digunakan untuk membuat game pada perangkat Komputer, Android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.

 

Mengapa Unity 3d sukses dan meraih hati para Developer Game?

Ya karena Unity 3d menyadari, mendengar keluh kesah dan kebutuhan para developer game yang dimana para developer tersebut sangat sulit untuk membuat game engine mereka sendiri dan jika ingin membeli lisensi game engine terlalu mahal. Tidak hanya developer game saja target market mereka melainkan juga terhadap semua orang atau individu yang ingin membuat game ciptaan nya sendiri. Pada tahun 2009, Unity merilis produk mereka secara cuma-cuma atau gratis. Dengan begitu jumlah developer game yang mendaftar meningkat sangat signifikan, pada April 2012 saja Unity mencapai popularitas yang sangat tiggi dimana leibh dari 1 juta developer menggunakan produk mereka.

Unity merubah dunia perindustrian dalam industri game, dengan segala fitur dan kegunaannya Game Engine ini menjadi salah satu game engine yang paling banyak digunakan oleh developer game. Dengan digratiskan nya produk mereka, para mahasiswa maupun pelajar SD, SMP, SMA sekalipun bisa menggunakan produk ini untuk belajar membuat game atau bahkan menjadi seorang developer game.

 

Beberapa Fitur yang ada pada Unity 3d:

  1. Physics

Untuk yang sering bermain game sudah tidak asing dengan kata tersebut. Unity 3d menggunakan PhysX dari Nvidia untuk Physics engine nya, keunggulan dari fitur ini adalah untuk membuat kualitas gamar lebih bagus dan lebih terlihat seperti nyata.

  1. Tab Game

Ini sebagai tempat Game di uji coba, dimana kita bisa menjalankannya dengan mengklik tombol Play.

  1. Tab Console

Pada bagian ini adalah tempat penampilan pesan error dalam project kita, tapi paling sering terjadi pesan error saat pembuatan Script yang tidak dikenali oleh System atau kesalahan-kesalahan dalam pembuatan script

Berikut ini adalah tampilan Interface dari Unity 3d:

unity1

unity

 

 

Referensi:

http://kuroastro.blogspot.co.id/2016/03/perkembangan-unity-3d-game-engine-dalam.html

https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya

https://www.codepolitan.com/mengenal-teknologi-augmented-reality-dibalik-pokemon-go

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s