Sejarah dan Perkembangan Sistem Informasi

Nama   : Denny Imam Azhari

Npm     : 1B115185

Kelas    : 2KA25

Mata Kuliah: Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern

Sistem Informasi merupakan sekumpulan perangkat keras, perangkat lunak, brainware, prosedur dan aturan yang di organisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang sangat bermanfaat untuk memecahkan dan mengambil keputusan.

Sejarah dan Perkembangan Sistem Informasi dari masa ke masa di kelompokan jadi 5 kurun waktu(Generasi):

  1. Generasi Pertama(1945-1955)

Generasi awal ini adalah asal perkembangan system komputasi elektronik, dan sudah mengganti gagasan mesin komputasi mekanis. Didalam kehidupan manusia sangat perlu adanya perangkat komputasi agar bisa mengatasi mengatasi keterbatasannya dalam melakukan komputasi, contohnya yaitu:

  • Kecepatan dalam melakukan perhitungan manusia sangat terbatas
  • Manusia sangat gampang membuat kesalahan

Dari masalah diatas maka manusia mengupayakan untuk meningkatkan kemapuan perhitungan sejak awal peradaban manusia.

  1. Generasi Kedua(1955-1965)

Pada generasi kedua ini sudah mulai mengembangkan teknologi yang namanya ‘Batch Processing System’. Jadi pekerjaan-pekerjaan akan dikumpulkan dalam satu rangkaian selanjutnya system akan melakukan pengeksekusian secara parallel. Pada generasi ini juga masih belum ada yang namanya system operasi, namun beberapa fungsi seperti FMS(Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang memberikan layanan perangkat keras yang merupakan satu fungsi dari system operasi modern. Pada tahun 1964, perusahaan IBM merilis computer keluarga yaitu system/360, dimana computer ini sudah kompatibel dengan dengan hardware yang merupakan salah satu bagian dari system operasi OS/360.

  1. Generasi Ketiga(1965-1980)

Perkembangan teknologi khususnya di bidang system informasi sangat pesat, dengan bukti adanya system operasi bagi pemakai yang sangat interaktif. User dengan user bisa berinteraksi langsung melalui computer secara online yang telah dihubungkan ke computer yang lain. Pada generasi ini juga sudah banyak teknologi yang bisa digunakan, contohnya yaitu:

  • Multiuser, artinya adalah bisa digunakan oleh banyak orang. Dengan adanya teknologi ini membuat user lebih mudah untuk berkomunikasi dengan user lain melalui computer.
  • Multiprogramming, artinya adalah bisa melakukan banyak program sekaligus pada waktu yang bersamaan. Teknik ini meningkatkan Utility pemroses dengan mengorganisasikan semua tugas, dalam hal ini pemroses selalu mempunyai satu tugas yang harus di eksekusi.
  • Timesharing, artinya adalah merupakan bagian dari multiprogramming dimana tiap pemakai satu terminal atau online.
  • Spooling, menciptakan peripheral seakan-akan dapat digunakan bersamaan sekaligus pada satu waktu yang sama, dan bisa diakses secara simultan, yaitu dengan cara mnyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan tersebut system akan langsung menerima dan data disimpan terlebih dahulu didalam memori yang disediakan dan selanjutnya akan dilayani oleh peripheral.

  1. Generasi Keempat(1980-2000AN)

Pada generasi keempat ini system operasi tidak hanya digunakan untuk satu metode pengolahan saja namun tetapi telah ditunjukan untuk banyak mode pengolahgan, contohnya ialah mendukung batch processing, timesharing, networking dan realtime application. Pada generasi ini juga kenyamanan dalam mengoperasikan system computer sungguh penting, dan dengan adanya GUI(Graphical User Interface) juga pada generasi ini telah memberikan user interface yang sangat nyaman.

  1. Generasi Kelima(2000AN-Sekarang)

Pada generasi ini munculah computer-komputer modern seperti Laptop atau Notebook

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_sistem_komputer

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s