Nama : Denny Imam Azhari

Npm   : 1B115185

Kelas  : 2KA25

Mata Kuliah : Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern

TEKNOLOGI DI BIDANG OTOMOTIF (MOBIL)

 

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perlu diketahui pada dasarnya manusia sejak jaman dahulu kala sudah tau akan adanya teknologi dan bahkan manusia sudah menggunakan teknologi sejak dahulu meskipun teknologinya belum sesempurna seperti sekarang. Manusia adalah makhluk yang cerdas dan memiliki akal maka dari itu manusia menciptakan teknologi dan menggunakannya. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam menyelesaikan suatu masalah yang terjadi pada manusia itu sendiri.

Berbagai macam teknologi sudah diciptakan oleh manusia sejak dahulu kala, dan kemudian setelah banyaknya teknologi yang diciptakan mulailah manusia berbondong-bondong untuk mengembangkan teknologi tersebut agar lebih mudah lagi untuk menggunakannya.

Salah satunya adalah perkembangan teknologi di bidang otomotif (khususnya kendaraan roda empat). Kemajuan dibidang otomotif ini sangatlah pesat dapat dilihat dari semakin canggih nya teknologi yang ada pada kendaraan tersebut.

 

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan dari latar belakang tersebut maka timbul perumusan masalah seperti berikut ini:

  • Teknologi terkini dibidang Otomotif
  • Manfaat dari teknologi tersebut

 

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui teknologi terkini apa saja yang ada dibidang Otomotif. Dan untuk menambah wawasan penulis dan pembaca mengenai Teknologi Otomotif.

 

1.4 Manfaat Penulisan

Manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan informasi mengenai teknologi terkini dibidang otomotif khusus nya kendaraan roda empat. Penulisan makalah ini diharapkan bermanfaat bagi semua pembaca.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Teknologi

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Perkembangan teknologi bukan hanya dititik beratkan pada fungsi teknologi tetapi juga diperhitungkan seberapa efektif teknologi tersebut dapat memudahkan usaha manusia. Tengok saja perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Mulai dari komunikasi dengan surat, telepon, handphone dan saat sekarang ini sudah memasuki pemanfaat mikroteknologi.

 

2.2 Pengaruh Berkembangnya Teknologi Di Bidang Otomotif (Mobil)

            Teknologi informasi telah berkembangan dengan pesat dan berdampak langsung ke kehidupan manusia termasuk di bidang Otomotif. Kemajuan di bidang otomotif ini diakibatkan oleh kebutuhan manusia itu sendiri. Kemajuan teknologi di bidang Otomotif sangatlah pesat dapat dilihat dari teknologi mobil itu sendiri contohnya saja yaitu, system keamanan, dan system pembakaran.

            Secara umum teknologi di bidang otomotif yang mengalami perubahan yang begitu pesat yaitu dalam hal pembakaran dan keamanan. Kendaraan bahan bakar alternative yang dapat beroperasi menggunakan bahan bakar ‘tradisional’(bensin) dan dapat merujuk untuk segala macam teknologi mesin kendaraan yang tidak beroperasi dengan bensin, contoh nya adalah mobil elektrik. Dengan adanya mobil dengan pembarakan alternative maka akan mengurangi penggunaan minya bumi kita dan juga mengurai polusi.

 

2.3 Penemuan Teknologi Otomotif(Mobil) Terbaru

 

  1. Cloud Computing pada Mobil

1

Teknologi ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi lalu lintas, batas kecepatan maksimal, dan petunjuk arah agar terbebas dari kemacetan. Perusahaan mobil besar yaitu Ford telah menggandeng perusahaan ponsel pintar yaitu Apple untuk memanfaatkan internet dan jaringan dengan tujuan dapat melihat jalur lalu lintas.

 

  1. Baterai Hibrida Berukuran Kecil

2

Perkembangan mobil dengan baterai hibrida cukup pesat namun masalah terbesar nya adalaah penggunaan baterai yang cukup besar yang bisa memakan ruang pada mesin mobil. Perusahaan besar seperti Chevy Volt dan Nissan Leaf akan mengganti baterai konvensional dengan baterai yang tengah di kembangkan yaitu baterai dengan bahan Lithium Superionic Conductors, bertujuan agar mengurangi berat dan volume baterai.

 

  1. Perangkat Sistem Pembakaran Bermasa Pakai Panjang

3

Para ilmuwan dari perusahaan mobil besar Mercedes-Benz mengukapkan bahwa penggunaan busi konvensional atau busi model lama sebenarnya kewalahan dalam melakukan pembakaran bahan bakar, sehingga mengakibatkan gas yang terbuang cukup banyak. Para ilmuwan juga telah menguji coba dengan menggunakan sejumlah busi yang lebih untuk pembakaran kompresi tinggi dan hasilnya adalah pembarakan bahan bakar jadi jauh lebih hemat hingga 10 persen.

 

  1. Mesin Kecil dengan Performa Tinggi

4

Perusahaan mobil kini tengah berbondong-bondong untuk memperkenalkan mesin empat silinder yang di klaim mampu mengurangi penggunaan BBM. Perusahaan seperti Ford sedang melakukan percobaan dengan menggunakan mesin 1.000 cc dengan tiga silinder yang dikombinasikan dengan Turbocharder dan Direct Injection yang diyakini mesin kecil tersebut mampu menghemat pembakaran dan dapat bekerja keras.

  1. Pemanfaatan Energi Panas Hasil Pembuangan

5

Sebuah penelitian menunjukkan jika sepertiga energi dari bahan bakar pada mesin membuat panas yang dihasilkan terbuang secara sia-sia. Sejauh ini, sudah banyak pengembangan dan penggunaan teknologi canggih seperti teknologi turbocharger, turbocompounding (memanfaatkan turbin pada saluran pembuangan untuk menggerakkan crankshaft). Ada juga pabrikan BMW dan Honda yang mengembangkan pemanfaatan energi panas dari sisa pembakaran pada mesin. Terakhir, BMW sendiri mengembangkan apa yang dipakai NASA dalam pemanasan semikonduktor hasil gas buang mesin dan selanjutnya menghasilkan listrik selama akselerasi, yang kemudian dapat dimanfaatkan dalam meregenerasi listrik lagi saat pengereman.

 

  1. Ban yang Otomatis Bisa Isi Angin Sendiri

6

Perusahaan ban besar Goodyead sudah melakukan pengembangan teknologi yaitu, Air Maintenance Technology(AMT) atau secara otomatis ban akan mengisi angina dengan sendirinya. Cara kerja dari teknologi ini adaalah melalui rongga kecil yang terbuhung ke semacam ban dalam yang ditempelkan di dinding ban utama. Jika ban dalam keadaan berputar, maka secara otomatis angin akan masuk melalui pintu pengontrol serta memenuhi ban dalam yang kecil tersebut dan menyebarkannya agar seimbang dengan demikian konstruksi ban menjadi kokoh. Kapasitas angin yang masuk ke dalam ban akan penuh secara otomatis sesuai kebutuhan.

 

3.1 Kesimpulan

            Teknologi dalam bidang Otomotif khususnya mobil mempunyai peran yang sangat penting terutama untuk memberikan kenyamanan dan keamanan untuk pengendara mobil itu sendiri. Dan dari perkembangan teknologi ini mampu memberikan standard perusahaan yang lebih tinggi lagi. Pengaruh tersebut merupakan pengaruh yang positif bagi para pengendara dan diharapkan mampu membawa perubahan besar pada pengendara.

3.2 Daftar Pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

http://www.hometekno.com/2015/12/teknologi-otomotif-terbaru.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s