Tugas_3_Ilmu_Sosial_Dasar

Nama: Denny Imam Azhari

Npm: 1B115185

Kelas: 5KA49

 

Tugas

Membuat tulisan yang menggambarkan dan mendeskripsikan ide atau gagasan kalian sebagai pemuda yang akan membangun suatu desa tertentu, khususnya dalam bidang pembangunan. Gagasan atau ide tersebut di deskripsikan secara rinci, desa apa yang akan dibangun, gagasannya apa, hal apa saja yang perlu dilakukan, seperti apa dijalankannya nanti. Boleh ditambahkan dengan inspirasi gagasan tersebut darimana. Misalnya di negara mana, bagaimana gagasan atau ide tersebut berjalan, boleh disertakan gambar-gambar yang mendukung.

 

Jawab:

Kampung Bhayangkara, Desa Cimahi merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat. Warga di Desa ini sangat menginginkan daerah nya teraliri listrik oleh PLN dikarenakan setiap malam tidak ada pencahayaan kecuali bulan dan lampu minyak. Anak-anak harus mengulang pelajaran atau mengerjakan tugas sekolah sepulang dari sekolah, dikarenakan pada malam hari penerangan terbatas.

plta-angin

Pembangkit Listrik Tenaga Angin merupakan salah satu pembangkit listrik yang menggunakan angina sebagai sumber energy yang akan menghasilkan energy listrik. Pembangkit ini dapat mengkonversikan energy angin dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. System pembangkit listrik jenis ini sangat berkembang dengan pesat dikarenakan angin adalah salah satu energi alam yang tidak akan pernah habis.

Berdasarkan masalah dan solusi tersebut saya ingin memberikan ide dan gagasan yang sudah dipakai di Belanda dan mengaplikasikan nya ke Desa ini. Namun sebelum mengaplikasikan nya saya harus survey ke desa tersebut dan berinteraksi langsung dengan warga sekitar. Survey yang dilakukan diantaranya yaitu memperhatikan jarak antar rumah warga, jarak bukit atau dataran tertinggi yang ada di desa tersebut dengan rumah-rumah warga, ekonomi warga sekitar, jika sudah melakukan survey saya akan mengajukan proposal kepada kepala desa nya dan melakukan presentasi pada warga tersebut. Jika warga setuju dengan proposal saya, maka saya dan warga akan berdiskusi untuk memilih lokasi yang tepat untuk menaruh kincir angina dan tempat untuk menaruh turbin nya.

Setelah itu saya akan membelikan peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan dan meminta dana dari warga desa dan pemerintah setempat. Kemudian saya dan warga bergotong royong untuk membangun kincir angin tersebut.

Yang saya harapkan dari ide ini adalah agar warga desa tersebut bisa menikmati listrik selama 24jam dan membatu warga untuk beraktivitas.

Source: news.liputan6.com/read/2108316/zaman-modern-kampung-di-jawa-barat-ini-belum-teraliri-listrikCar

http://sihunkorean.blogspot.co.id/2014/11/cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga_56.html

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s