7 Aplikasi Android untuk Pemilu 2014

CiriCara.com – Pada 9 April 2014 mendatang, masyarakat Indonesia akan menggunakan suara dan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum Legislatif atau Pileg. Namun sebelum memutuskan parpol (partai politik) dan caleg (calon legislatif) mana yang akan dicoblos, sudahkah Anda mengetahui seluk beluk dan informasi penting mengenai para peserta Pileg tersebut.

Di era digital seperti saat ini, banyak cara untuk menyukseskan Pemilu, salah satunya dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna gadget berbasis Android. Sejumlah aplikasi seperti game, portal informasi dan berita serta program untuk menyalurkan aspirasi dan pelanggaran kampanye pun bisa Anda unduh di toko aplikasi Google Play Store. Beberapa aplikasi tersebut bisa menjadi sarana untuk mengetahui lebih dalam tentang Pemilu sehingga meminimalisir kesalahan atau kekeliruan dalam memilih.

Berikut adalah 7 aplikasi Android pilihan yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengetahui informasi seputar Pemilu 2014 atau melepas penat dengan hiburan bertema politik:

1. VIVA Pemilu

VIVA Pemilu / Ist.

Anda yang suka mengakses situs VIVA News kini semakin dimudahkan dengan hadirnya aplikasi yang merupakan kepanjangan tangan dari portal berita tersebut. VIVA Pemilu menyajikan informasi ke dalam 3 kategori, yaitu Pemilu 2014, Bursa Presiden 2014, dan Hot Caleg. Aplikasi ini juga hadir sebagai sarana informasi terkait Pemilu lainnya seperti berita tentang caleg, parpol, seputar capres, kampanye pemilu, profil kandidat serta beberapa informasi penting lainnya.

 

2. Game Pemilu 2014

Game Pemilu 2014 / Ist.

Aplikasi ini dapat menjadi alat sosialaisasi yang paling efektif serta memberikan edukasi dan wawasan mengenai pesta demokrasi lima tahunan itu kepada warga dalam bentuk permainan.

Game Pemilu 2014 mengajak penggunanya untuk mendukung parpol dan tokoh pilihannya masing-masing dengan cara mengumpulkan koin atau mata uang virtual lewat tiga jenis permainan. Ketiga pilihan permainan itu adalah ‘Kenali Wakil Rakyat’, ‘Cari dan Sumbang Dana’ dan ‘Ikuti Kampanye’. Para pemain bisa berlomba-lomba memberikan koin terbanyak pada partai pilihan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tautan ke situs parpol peserta pemilu.

 

3. PEMILU

Pemilu 2014 / Ist.

Jika Anda membutuhkan aplikasi terlengkap mengenai Pemilu 2014, maka PEMILU bisa menjadi jawabannya. Disini para pengguna bisa melihat kabar dan berita terkini mengenai Pemilu dari berbagai media, jadwal kampanye, profil caleg dan capres, partai yang berpartisispasi serta polling atau survei singkat mengenai pemilu. Bahkan, pengguna juga dapat mengecek apakah namanya sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum.

 

4. Caleg Store

Caleg Store / Ist.

Jika Anda masih belum tahu atau ragu siapa caleg yang akan anda pilih, maka aplikasi Caleg Store bisa membantu Anda. Caleg Store memberikan informasi yang lengkap dan terperinci mengenai caleg yang akan bertarung dalam Pemilu mendatang. Pengguna dapat melihat track record caleg, mulai dari riwayat pendidikan hingga pekerjaan. Tak hanya itu, Anda juga dapat memberi rating dari satu hingga lima bintang serta memberikan komentar terhadap caleg tersebut.

5. Orang Baik

Orang baik / Ist.

Sama seperti Caleg Store, aplikasi ini juga membantu pemilih untuk menentukan caleg mana yang pantas untuk mengemban amanat rakyat. OrangBaik mengurutkan kriteria caleg berdasarkan ’nilai kualitas’. Semakin tinggi nilainya, maka semakin tinggi pula kualitas caleg yang bersangkutan.

Aplikasi ini membantu para pengguna untuk memilih caleg yang paling tepat atau ‘Orang Baik’ dengan parameter penilaian caleg seperti tingkat pendidikan, tingkat universitas, pengalaman pekerjaan dan organisasi, usia serta wawasan daerah pemilihannya.

 

6. Mata Massa

Pemilu 9 April 2014

MataMassa merupakan aplikasi yang mengawasi jalannya Pemilu. Pengguna pun dapat memberi laporan apabila menemukan kecurangan atau dugaan adanya pelanggaran aturan Pemilu oleh peserta. Dugaan pelanggaran seperti tindak pidana, pelanggaran administratif dan lain-lain bisa dilaporkan dalam bentuk teks, foto atau video. Hasil dari laporan itu akan disajikan di situs MataMassa.org dan akan ditindak lanjuti oleh pihak berwenang.

 

7. Aspirasi Pemilu

Aspirasi Pemilu / Ist.

Aplikasi ini menawarkan konten yang unik, yaitu berbagi video seputar Pemilu 2014. Aspirasi Pemilu menjadi wadah bagi pengguna yang ingin membagikan aspirasi dan kegiatan Pemilu dalam bentuk video. Sepintas, konsep dan tampilan aplikasi ini mirip dengan jejaring sosial atau situs berbagi video YouTube.

 

Sumber: http://ciricara.com/2014/04/01/7-aplikasi-android-untuk-pemilu-2014/

Nama: Denny Imam Azhari

Npm: 31112848

Kelas: 2DB09

http://www.gunadarma.ac.id

http://www.studentsite.gunadarma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s