4. Contoh Kasus Organisasi dan Metode

CONTOH KASUS DALAM METODE ORGANISASI
Pengertian dan Definisi Organisasi menurut para ahli :
Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer untuk mengejar tujuan bersama.
Menurut James D.Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut Chester I.Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan dua orang atau lebih.

Bentuk-bentuk Organisasi
Organisasi Garis
Bentuk organisasi tertua dan paling sederhana. Ciri-ciri bentuk organisasi ini adalah organisasinya masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
Organisasi Garis dan Staf
Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang yang ditekuninya kepada pejabat pimpinan didalam organisasi.
Organisasi Fungsional
Organisasi yang disusun atas dasar yang harus dilaksanakan , organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan secara jelas.
Organisasi Panitia
Organisasi bentuk ini hanya untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.
Organisasi Lini dan Staf
Staf tugasnya memberikan layanan dan nasihat kepada manager dalam melaksanakan suatu kegiatan. Tugas yang dilakukan oleh lini merupakan tugas-tugas pokok dari suatu organisasi atau perusahaan.

Pengertian Metode
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.

Pengertian lengkap tentang organisasi dan metode adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen dengan memperhatikan kerjasama dari masing-masing individu yang ada dalam organisasi tersebut dan efektifitas dari metode yang di pilih sesuai dengan dinamika organisasi.

Contoh kasus Metode Organisai

PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAL DINAS KIMPRASKO BANJARMASIN ”
Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa persepsi karyawan terhadap iklim organisasi merupakan hal yang sangat penting bagi kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ; (1) untuk mendeskripsikan bagaimana iklim organisasi Dinas Kimprasko di Banjarmasin, (2) untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi yang terdiri dari variabel perilaku pemimpin, motivasi kerja, arus komunikasi, pengaruh interaksi dan praktek pengambilan keputusan terhadap kepuasan kerja karyawan. Teknik pengumpulan data yang pokok adalah kuesioner didukung wawancara dan observasi di lapangan. Populasi dalam penehtian ini sebanyak 52 orang dan yang mengembalikan jawaban kuesioner atau sebagai sampel sebanyak 44 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan keadaan iklim organisasi dan analisis statistik inferensial dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel terikat terhadap variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) iklim organisasi Dinas Kimprasko Banjarmasin cukup mendukung karyawan untuk melakukan kegiatan dengan baik. (2) Secara simultan semua variabel dalam penelitian ini berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Secara parsial, hanya variabel motivasi kerja, arus komunikasi dan praktek pengambilan keputusan yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Karena kepuasan kerja karyawan mempakan faktor yang sangat penting bagi kinerja suartu lembaga, maka diperlukan adanya motivasi kerja yang tinggi, arus komunikasi yang baik dari semua unsur organisasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktifitas karyawan.

Sumber:
http://aulia-ngeblog.blogspot.com
http://digilib.its.ac.id

Nama : Denny Imam Azhari
Npm : 31112848
Kelas : 1DB06

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s