#20 6 Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker Serviks

CiriCara.com – Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami wanita. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan bahwa kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada wanita. Setidaknya, kanker ini telah membunuh 200.000 wanita setiap tahunnya. Berdasarkan lapran dari National Cancer Institute, satu dari tiga kematian itu berhubungan dengan cara makan yang salah. Ketahuilah bahwa kanker serviks bisa dicegah dengan makanan tertentu. Makanan apa yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker serviks? Dilansir dari Healthmeup.com, inilah 6 jenis makanan yang patut Anda konsumsi agar tak terkena kanker serviks:
1. Makanan kaya antioksidan Antioksidan sangat diperlukan untuk mencegah kanker serviks. Anda bisa menemukan kandungan antioksidan pada makanan. Makanan itu, antara lain blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon, dan lemak ikan yang kaya antioksidan. Makanan yang kaya antioksidan tersebut bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker serviks.
2. Wortel 6 Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker Serviks Di dalam wortel mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks. Anda bisa mengolah wortel menjadi sayur atau di jus. Selain itu, makanan seperti paprika atau cabe jalapeno mampu menetralisir nitrosamines yang menyebabkan kanker serviks.
3. Alpukat Buah yang sangat enak ini jika dikonsumsi ternyata bisa mencegah pertumbuhan kanker serviks jika Anda banyak memakannya. Alpukat dikenal dengan kandungan antioksidannya yang banyak serta kemampuannya untuk mencegah radikal bebas. Untuk itu, Anda disarankan agar mengonsumsi buah ini lebih sering jika tak ingin terkena kanker serviks.
4. Vitamin A, C, E, dan kalsium Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin tersebut memiliki risiko terkena kanker serviks lebih rendah. Vitamin A, C, dan E mengandung antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan secara tak langsung mencegah kanker serviks. Makanan yang mengandung vitamin A bisa Anda dapatkan pada telur, wortwl, tuna, dan produk susu lainnya.
5. Vitamin B folat Folat mampu menurunkan tingkat homocysteine yaitu zat yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel tak normal pada serviks. Makanan yang kaya akan vitamin B folat bisa Anda dapatkan pada brokoli, kembang kol, kubis, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya agar mengonsumsi makanan tersebut lebih sering untuk mencegah kanker serviks.
6. Makanan yang mengandung polyphenol dan flavonoid Teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, walnut, cokelat, tomat, dan cabe hijau adalah jnis-jenis makanan yang mengandung polyphenol dan flavonoid. Makanan tersebut mampu mencegah kanker serviks dan menghambat pertumbuhan kanker. Itulah 6 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah kanker serviks. Selain mengonsumsi makanan tersebut, para wanita juga disarankan agar rajin berolahraga. Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Ingat kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terapkan pola makan dan hidup yang sehat agar tubuh tak terkena penyakit. (NR)Read more at: http://ciricara.com/2013/01/09/6-makanan-ini-bisa-mencegah-kanker-serviks/
Copyright © CiriCara.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s